Cara Menghilangkan Automatic Update

No Gravatar

1. Windows XP

Automatic Update atau update otomatis yang merupakan feature dasar dari Windows XP ditujukan untuk memperbaharui sistem operasi Windows apabila ada perbaikan atau upgrade dari Microsoft.

Feature ini tersedia di Control Panel pada menu Security Center yang juga menyertakan fungsi Firewall dan Virus Protection didalamnya. Bagi pengguna Windows Original, ketiga feature ini akan sangat berguna dan membantu memperkuat pertahanan Windows dari serangan virus ataupun hal-hal lain yang bisa merugikan user. Namun bagi pengguna Windows kebanyakan di Indonesia (Windows versi bajakan), fasilitas ini menjadi tidak begitu penting terutama Automatic update-nya yang dalam penggunaannya mewajibkan adanya koneksi dengan server Microsoft.

Karena tidak bisa digunakan, maka kebanyakan orang biasanya menonaktifkan automatic update ini. Caranya tidak sulit, hanya perlu masuk ke Control panel, Security Center, kemudian pilih automatic update pada seksi “Manage security settings for: ”  lalu klik pada pilihan Turn Off Automatic Updates.

auto

Masalah baru akan timbul. Icon perisai berwarna merah dengan tanda silang dibawahnya akan muncul di taskbar di dekat icon volume. Bukan masalah berarti jika anda tidak merasa terganggu dengan hal ini berikut notifikasi-notifikasi yang muncul berkali-kali mengingatkan bahwa automatic update tidak aktif. Namun sebagian orang  justru ingin melenyapkan hal-hal tersebut. Caranya sama seperti cara menonaktifkan automatic update, namun ketika berada di jendela security center klik sub menu “change the way security center alerts me” pada kolom resource  yang ada disebelah kiri jendela security center.

update

Kemudian hilangkan tanda check (centang) pada feature yang ingin anda hilangkan notifikasinya (dalam hal ini, automatic update). Setelah mengklik OK, icon bergambar perisai merah pada taskbar akan hilang dengan sendirinya.

2. Windows Seven

Pada prinsipnya fungsinya sama dengan automatic update di Windows Xp. Yang agak merepotkan terkadang proses update akan memperpanjang waktu shut down karena update biasanya diinstall saat komputer dimatikan. Untuk menon aktifkan Automatic update di Windows Seven lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Klik Start Menu kemudian pilih Control Panel

2. Klik menu system and security.

3. Klik link turn automatic updating on or off.

4. Kemudian pada pilihan “Choose how windows can install updates” pilih “never check for updates (not recommended). Lalu klik OK

3.Windows 8

1. Tekan tombol Windows + tombol R.

2. Ketikkan ‘Control Panel’ tanpa tanda petik. Kemudian tekan Enter

3. Klik System and Security.

4. Klik “Turn Automatic Updating On or Off”

5. Pilih dan klik  “Never Check For Updates (not recomended)”.

6. Klik tombol OK.

24 Comments

Say something